20 Situs Belajar Bahasa Inggris Terbaik (Listening, Speaking, Reading, Writing, Vocabularies)

Ada banyak situs-situs menarik dan bermanfaat untuk bisa kita gunakan dalam media pembelajaran Bahasa Inggris di kelas kita. Tidak hanya untuk siswa-siswi kita di kelas, situs-situs tersebut juga bisa menjadi media pembelajaran bagi siapa saja yang ingin meningkatkan keahlian Bahasa Inggrisnya. Dengan menggunakan situs atau web terbaik dan terpopuler untuk belajar bahasa Inggris ini akan menjadikan Belajar Bahasa Inggris menjadi lebih asyik dan mudah.

Untuk mempermudah pencarian, saya mencoba merangkum situs-situs tersebut ke dalam beberapa skill yang umum dipelajari dalam materi Bahasa Inggris, yaitu: Listening, Speaking, Reading, Writing, Vocabularies. Semoga dengan reverensi belajar Bahasa Inggris ini akan menambah kemampuan kalian dalam Berbahasa Inggris.

Berikut 20 Website Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris


1. Belajar Listening Bahasa Inggris

Listening termasuk ke dalam passive skill. Artinya, kita tidak perlu memproduksi atau dalam hal ini menghasilkan ucapan dalam Bahasa Inggris. Kemampuan listening ialah kemampuan memahami wacana atau perkataan dalam Bahasa Inggris dengan memanfaatkan indra pendengaran.

Untuk melatihnya, kita harus sering-sering mendengar exposure berbahasa Inggris, misalnya mendengar lagu-lagu berbahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, mendengarkan dialog atau monolog berbahasa Inggris dengan begitu akan melatih telinga kita untuk dapat memahami wacana dalam Bahasa Inggris.

Beberapa situs yang cukup representatif dalam melatih skill listening kita adalah:

1). www.soundsenglish.com

2). www.esl-lab.com

3). www.englishclub.com/listening

4). www.englishlistening.com

5). www.elllo.org

6). iteslj.org/links/ESL/Listening

website terbaik untuk belajar bahasa inggris
Website untuk belajar bahasa inggris


2. Belajar Speaking Bahasa Inggris

Speaking Skill termasuk active skill dimana kita harus mengucapkan kata dan ucapan dalam bahasa Inggris secara langsung atau lebih singkatnya kemampuan kita dalam berbicara dengan Bahasa Inggris.

Speaking skill memang lebih efektif jika dipraktekkan dengan lawan bicara. Namun, berlatih pengucapan secara sendirian minimal dapat meningkatkan olah vokal kita dalam melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Karena banyak orang pandai Berbahasa Inggris namun kalimat yang diucapkannya salah pengejaan maka akan mengakibatkan makna yang berbeda juga bagi lawan bicara. Untuk itu ayo latih speaking skill kalian pada website belajar speaking berikut ini:

7). www.eslgold.com/speaking.html

8). www.english-at-home.com/speaking

9). www.englishclub.com/speaking

10). letspeakenglish.info


3. Belajar Reading Bahasa Inggris

Reading skill termasuk dalam passive skill. Reading skill adalah kemampuan kita dalam memahami suatu tulisan dalam Bahasa Inggris dengan cara membacanya. Semakin tinggi kemampuan membaca kita maka akan semakin mudah bagi kita untuk dapat memahami suatu tulisan atau karya sastra dalam Bahasa Inggris.

Beberapa situs yang bisa dijadikan media pembelajaran reading skill adalah:

11). www.rhlschool.com/reading.html

12). www.englishclub.com/reading

13). www.funbrain.com

14). www.pearsonlongman.com


4. Belajar Writing Bahasa Inggris

Sama dengan speaking, writing adalah active skill yang perlu dilatih dengan mempraktikkannya. Dengan terbiasa kita menulis dalam Bahasa Inggris maka kemampuan writing kita akan menjadi lebih baik.

Beberapa situs yang sering digunakan untuk belajar writing adalah:

15). www.abcteach.com

16). www.englishclub.com/writing

17). www.writingfun.com


5. Belajar Vocabularies Bahasa Inggris

Vocabularies Building juga menjadi salah satu aspek pembelajaran untuk dapat menguasai Bahasa Inggris. Untuk itu perlu pengulangan yang sering dilakukan sehingga pembelajaran akan lebih asyik dan mudah untuk mengingat lagi kosa kata yang pernah dipelajari.

Ada beberapa situs web menarik yang dapat kalian coba untuk meningkatkan pembendaharaan kosakata Bahasa Inggris kalian, berikut:

18). www.vocabulary.co.il

19). www.vocabulary.com

20). iteslj.org/cw



Itu beberapa website yang sering saya gunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat bagi teman-teman guru khususnya dan masyarakat umumnya.

Jangan lupa bagikan info menarik ini pada kawan kalian ya.