Teknologi Mobil Masa Depan Terbaru

Assalamualaikum Wr. Wb.


Sekarang saya akan membahas sedikit perkembangan teknologi mobil di masa yang akan datang. Ada berbagai perbedaan yang mendasar antara konsep mobil sekarang dan konsep mobil di masa yang akan datang. Jika dilihat ada tiga faktor utama yang membedakannya yaitu dari segi ekonomi, argonomisnya, serta sumber energi yang digunakan.

A. Ekonomis
   
Kebutuhan energi di dunia ini semakin tinggi begitu pula dalam sektor otomotif dan transportasi. Terbatasnya sumber daya energi yang tak dapat diperbaharui seperti minyak bumi menuntut berbagai produsen pabrikan mobil berlomba untuk dapat menciptakan mobil yang dapat menggunakan sumber energi terbaharukan atau setidaknya hybrid (dua sumber energi) untuk dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. Ford Fusion Energi SE adalah salah satu produk mobil hybrid keluaran produsen Amerika yaitu Ford. Mobil ini menggunakan dua sumber energi yaitu bahan bakar minyak dan listrik. Mobil ini memiliki banyak keunggulan selain dari konsumsi bahan bakar yang lebih menguntungkan dan lebih ramah lingkungan ternyata terdapat berbagai keuntungan dan fitur lain yang patut kita ketahui. 

Terlihat bahwa konsep mobil di masa depan harus memerhatikan keefisienan konsumsi bahan bakar, selain itu juga harus memerhatikan material pembuat mobil serta beberapa faktor lainnya untuk dapat menekan biaya produksi sehingga dapat menjadikan mobil di masa depan jauh lebih ekonomis. Namun untuk semua hal tersebut masih jauh jika kita melihat konsep mobil zaman sekarang yang hanya menekan harga produksi namun kurang memerhatikan keamanan penggunanya. Banyak pabrikan membuat mobil murah namun dengan faktor safety yang minim. Untuk itu ke depannya pabrikan mobil harus melakukan riset terhadap material yang paling optimal dan menguntungkan baik dari segi harga dan kekuatannya.


B. Argonomis

    Desain mobil yang lebih baik juga akan meningkatkan kenyamanan serta keamanan disaat mengemudikan mobil. Lihat saja desain mobil Fusion Ford Hybrid lebih baik dari seri sebelumnya. Tidak hanya mengutamakan desain dari segi estetikanya saja tetapi juga memerhatikan kenyamanan pengguna.
 
Teknologi mobil masa depan
Ford Fusion Energi SE (www.caranddriver.com)

Contoh interior mobil yang argonomis:
          
Teknologi mobil masa depan
Interior Ford Fusion Energi SE

Teknologi mobil masa depan argonomis
Interior Ford Fusion Energi SE

Dengan desain interior yang baik akan membuat pengemudi akan lebih nyaman dan dapat mengendalikan mobil lebih sempurna. Mobil ini Ford Fusion Energi SE ini juga memiliki navigasi dan kontrol yang sangat baik karena kita dapat mengatur penggunaan energi sesuai dengan yang kita inginkan (bahan bakar minyak atau listrik). Serta dengan navigasi ini kita dapat melihat performa mobil saat dikemudikan, sejauh mana mobil dapat melaju dengan optimal dll. Sementara untuk mobil zaman sekarang masih belum sedetail mobil Hybrid ini atau desain mobil di masa yang akan datang. Setiap tahun pastinya teknologi akan terus berkembang dengan begitu desain mobil terutama dalam hal argonomisnya akan terus lebih baik dan terus menyesuaikan dengan teknologi yang diterapkan. Konsumen akan lebih memilih mobil dengan penggunaan fitur yang baik dan tidak membingungkan serta memberikan kenyamanan saat mengemudi jika dibandingkan dengan mobil yang masih mengabdopsi teknologi lama dan tertinggal yang masih serba manual.

C. Hybrid

Penggunaan teknologi hybrid merupakan solusi tepat untuk merubah pola hidup penggunaan energi di dunia ini. Seperti mobil Ford ini yang menggunakan bahan bakar minyak yang ditunjang dengan penggunaan energi listrik. Meski konsep mobil zaman ini masih terfokus dengan penggunaan bahan bakar minyak namun ke depannya dipastikan para produsen mobil terkemuka di dunia akan berlomba-lomba untuk menerapkan teknologi Hybrid pada setiap mobilnya. Mengingat kita belum dapat 100% beralih dan meninggalkan penggunaan bahan bakar minyak seutuhnya maka hybrid merupakan solusi yang tepat untuk dapat menghemat penggunaan energy bahan bakar minyak yang semakin hari semakin menipis. Meski begitu masih dibutuhkan penelitian untuk dapat terus mengembangkan teknologi hybrid ini, tidak hanya di mobil namun untuk semua mesin yang ada di dunia kedepannya.


Ford Fusion Energi SE

Keamanan :
Ada beberapa fitur keamanan yang utama dalam mobil ini seperti Air Bag, Emergency Brake Assist, Torque Vectoring Control, Seat Belt Pretensioners, Child Safety Locks--Rear Doors, SOS Post-Crash Alert, dll.

Kesimpulan :


Kesimpulan yang dapat saya ambil ialah bahwa produsen mobil khususnya mobil pada saat ini sebenarnya telah memulai dan memerhatikan produknya mulai dari segi ekonomisnya, argonomisnya maupun penggunaan energi yang dipilih. Meski begitu penerapan teknologi khususnya teknologi baru pasti memerlukan waktu untuk masyarakat dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada dan setiap teknologi yang akan dipasarkan dipasaran tentunya harus sudah ditinjau dampaknya terhadap lingkungan baik itu konsumen pengguna maupun alam sekitar agar tidak terjadi efek negative yang tidak diinginkan.





Wassalamualaikum Wr. Wb.