Cara Terbaik Agar Masuk PTN Favorit

Cara Terbaik Agar Masuk PTN Favorit


Kali ini fbastiar akan membagikan sebuah tips agar kalian khususnya Siswa SMA atau SMK Cara Agar Masuk Ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia seperti ITB, IPB, ITS, UI, Unbraw, Unila dan perguruan tinggi keren yang ada di Indonesia.

Memang tidak mudah untuk dapat bersaing dengan siswa lainnya untuk masuk ke PTN favorit, namun tidak ada yang tidak mungkin dapat kita kerjakan di dunia ini asalkan kita bersungguh-sungguh dan yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Lalu bagaimana cara agar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri? Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Terbaik Agar Masuk PTN Favorit
Cara Terbaik Agar Masuk PTN Favorit

Cara Terbaik Agar Keterima di PTN favorit:


1. Minta doa restu dari kedua orang tua dan berdoa pada Allah

Agar semua usaha kita nantinya serta niatan baik untuk dapat mengenyam pendidikan lebih tinggi dapat terpenuhi. Dengan doa restu dan mengingat Allah serta meminta hanya kepada-NYA insyaAllah segala keinginan kita akn tercapai, termasuk keinginan kita untuk dapat masuk dan belajar di perguruan beken di tanah air.

BACA JUGA : Lowongan Kerja Pertambangan di Kalimantan Pada PT Lestari Berkat Sejahtera


2. Niat

Ya sebenarnya niat merupakan hal yang paling utama dalam segala hal. Tapi saya meletakkannya diposisi kedua karena saya percaya Doa restu dari kedua orang tua jauh lebih mustajab dibanding hanya sebuah niat.

Kita harus memiliki niat yang kuat serta tekad yang gigih untuk dapat bersaing dan masuk ke perguruan tinggi terbaik. Jangan pernah galau apalagi ragu, karena hal semacam itu hanya akan menghambat kita.


3. Belajar Yang Optimal

Mengapa saya menyebutkan Optimal karena belajar itu tidak selamanya harus duduk di kamar dan membaca buku berbab-bab hingga kita tertidur atau belajar menghafal rumus-rumus sulit hanya dalam waktu semalam. Itu hal yang bodoh!

Belajarlah yang optimal dan semampumu tapi kamu juga harus punya targetan. Misal hari ini ingin memahami kalkulus dan harus bisa, terus esoknya inggin rehat dahulu itu tidak apa-apa. Karena belajar itu tidak harus lama ya kawan-kawan yang penting optimal (ilmunya bisa kita pahami).

Selain waktu belajar yang optimal kita juga harus memerhatikan metode belajar yang tepatbagi kita. Sebagai contoh kamu lebih cepat memahami suatu hal baru dengan menonton dan melihat secara langsung maka ada baiknya carilah materi pembelajaran yang ingin kamu kuasai yang berupa video lain halnya jika kamu lebih senag mendengarkan cobalah rekam segala ucapan gurumu atau tutormu lalu dengarkan kembali. Jadi intinya belajar itu bisa dimana saja dan kapan saja serta dengan metode apapun.


4. Ukur Kemampuan Diri

Ada baiknya kamu mengukur kemampuan dirimu. Bukanya bersikap pesimis tapi hal ini dimaksudkan agar kita realistis dalam memilih perguruan tinggi negeri maupun swasta yang hendak kita masuki. Dengan mengukur kemampuan diri maka kita dapat meneeentukan perguruan favorit yang paling cocok untuk kita.


5. Ikuti Kata Hati

Ketika semuanya telah dilakukan dan semuanya telah dikerahkan maka ada baiknya kalianpercaya dengan kata hati. Ikuti dan pilihlah jurusan yang memang menjadi passion mu maka dengan begitu kamu akan memiliki semangat ganda yang dapat memacumu lebih baik.


6. Menerima

Apapun hasil tes SBMPTN atau SNMPTN kalian harus menerimanya dengan lapang dada dan mensykuri apapun hasilnya. Percayalah bahwa itulah yang terbaik yang tepat untuk kalian. Karena kebanyakan dari kita menginginkan sesuatu karena nafsu belak tetapi Allah pasti tahu yang kita butuhkan.

Ada banyak hal yang dapat kita ambil dan kita maknai jadi bersikaplah dewasa dan banggalah dengan dirimu.

Contohnya saya ketika SMK ingin masuk jurusan Otomotif namun Allah berkehendak lain dan memasukkan saya ke jurusan Teknik Fabrikasi Logam namun seiring berjalannya waktu saya merasa beruntung bisa masuk ke jurusan yang unik dan mengasah kemampuan kreatif kita seperti Menggambar Teknik yang hingga detik ini masih saya geluti.



Itulah sedikit tips dari saya semoga dapat menambah motivasi kamu untuk berjuang dan bersemangat untuk dapat masuk perguruan tinggi erbaik dan tervaforit kalian ya.

good luck dan kamu harus yakin bisa karena kamu PASTI BISA