10 Tips Memilih Jurusan SMK Secara Benar Dan Tepat Agar Tidak Salah Jurusan

Tips Memilih Jurusan SMK Secara Benar Dan Tepat
Pilih Jurusan SMK Apa?


Tips Memilih Jurusan SMK Secara Benar Dan Tepat


Cara memilih jurusan di SMK secara baik dan benar agar kamu tidak salah pilih. Memilih jurusan di SMK yang baik dan benar memang rada-rada susah, kamu harus benar-benar tahu dan paham dahulu tentang jurusan SMK yang hendak kamu pilih, selain itu ada banyak hal lagi yang harus dipertimbangkan untuk memilih jurusan sekolah khususnya di SMK.

Maka dari semua itu fbastiar akan berbagi tips Cara Terampuh Menentukan Jurusan SMK yang paling bagus untuk kita. So stay tune and lets to read this article :D


10 Tips Memilih Jurusan Sekolah Menengah Kejuruan:


1). Sesuaikan minat serta hobi kamu

Dengan memilih jurusan SMK yang sesuai minat dan hobi maka nantinya saat kita sekolah akan merasa enjoy serta sangat menyukai segala sesuatu yang ada di jurusan kita. Tidak usah terpengaruh orang lain, karena beda raga pastinya juga beda rasa. Kuncinya pilih Jurusan yang kamu cintai maka kamu akan mendapatkan hasilnya nanti.

Misalnya kamu hobi dengan lingkungan, cinta kebersihan dan kesehatan maka kamu bisa mencari SMK Kesehatan sedangkan untuk kamu yang hobi modif motor, utak-atik motor kamu bisa pilih jurusan otomotif dan masih banyak jurusan lain yang bisa kamu lihat.


Baca Juga: Macam-Macam Jurusan Di SMK Terlengkap Dan Terbaru



2). Apa tujuan hidupmu (cita-citamu)

Kamu sudah harus tahu apa tujuanmu untuk bersekolah, atau setidaknya kamu harus tahu hal apa yang akan kamu lakukan lagi setelah sekolah di SMK. Dengan mengetahui cita-citamu maka akan memudahkan kamu untuk dapat memilih jurusan SMK yang tepat dan terbaik untuk mu.


3). Tanya Orang Dekatmu

Bila kamu bingung menentukan pilihan dan sikap maka saatnya kamu bertanya kepada orang yang ada didekatmu seperti orang tua, kakak, adik, paman atau siapa saja dan jika dirasa kurang cukup bertanyalah pada gurumu.


4). Nilai Bukanlah Prioritas Tapi Merupakan Sesuatu Yang Penting Juga

Jangan beranggapan bahwa jika kamu hanya memiliki nilai yang kurang memuaskan maka hanya dapat bersekolah di jurusan C, D, E dll. Sementara temanmu yang memiliki nilai super dapat dengan mudah masuk jurusan A, B dll. Itu bukanlah hal penting dan menjadi poin yang utama.

Bulatkan tekad dan pacu hati sendiri dengan kata-kata semangatmu sendiri agar kamu dapat terpacu dan termotivasi bahwa kamu dapat melakukan segalanya. Yakinlah BISA!!!
Dengan tekad yang pasti maka jurusan SMK apapun yang akan kamu pilih akan menjadi mudah dan menyenangkan.


5). Lihat Dan Cari Tahu Mengenai Jurusan Yang Hendak Dipilih

Setelah melakukan 4 cara memilih jurusan SMK di atas maka tahap selanjutnya kamu dapat mencari tahu jurusan yang kamu pilih. Mulai dari jurusan itu apa? Isi dari jurusan itu apa? Dan apa saja yang dapat kamu lakukan dan pelajari nantinya jika berhasil masuk dalam jurusan SMK tersebut? Semua wajib kamu cari tahu.


6). Lihatlah Prospek Jurusan

Iya salah satu hal yang mendasar dan penting ialah prospek kerja dari jurusan tersebut. Cari tahu peluang lulusan dari Jurusan SMK tersebut untuk bekerja, misalnya jurusan otomotif maka kamu dapat bekerja di bidang otomotif, dealer, dll. Bidang kesehatan kamu dapat menjadi perawat, Bekerja di rumah sakit dll.

Lihatlah prospek pekerjaan, peluang kerja, dan gaji yang memungkinkan kamu dapatkan nantinya.


7). Sekolah Di SMK Bukan Berarti Tidak Dapat Kuliah

Banyak dari kita berasumsi bahwa sehabis SMK kita mending langsung kerja karena jika kuliah pastilah tidak murah. Buanglah!!! Semua pendapat bodoh itu karena semua itu tidak benar. Dengan sekolah di SMK maka kamu akan mendapat dua keuntungan selain kamu mendapatkan teori pelajaran kamu juga akan mendapatkan keahlian khusus misalnya, programmer, welding, gambar (Sketch) dll.

Kuliah itu murah dan sekarang telah banyak beasiswa serta program pendidikan lainnya yang dapat kamu cari untuk dapat bantuan atau beasiswa saat kuliah atau bahkan kamu dapat berkuliah dengan gratis, salah satunya dengan program Bidik Misi dari pemerintah.

Pilih jurusan yang memungkinkan dan dapat berlanjut ke bangku perkuliahan khususnya yang ada di daerah anda misalnya SMK jurusan elektro dapat lanjut ke Jurusan S1 Elektro, SMK pertanian dapat lanjut ke Fakultas Pertanian dsb.


8). Lihat Potensi Lingkungan

Pilihlah jurusan SMK yang memiliki hubungan erat dengan potensi yang memungkinkan untuk dapat dimajukan yang ada di sekitar daerahmu. Andai kata di daerahmu sangat bagus potensi pertaniannya maka kamu dapat memilih SMK pertanian hingga pada nantinya kamu lulus setidaknya ada ilmu yang dapat kamu berikan untuk orang lain yang ada di sekitarmu.


9). Faktor 'x'

Setelah semuanya telah menjadi pertimbangan penting dalam mencari jurusan SMK yang tepat dan terbaik untukmu maka selanjutnya kamu boleh melihat faktor 'x'. Mungkin kamu masuk dan memilih jurusan SMK A karena ingin dekat dengan rumahmu atau kamu memilih jurusan B karena ingin dekat orang yang kamu cintai hehehe dan masih banyak lagi faktor 'x' yang tidak terduga lainnya.


10). Rencana kita mungkin yang terbaik tapi Tuhanlah yang menentukan

Terakhir, mungkin rencana kita telah matang dan yakin sekali dengan jurusan yang hendak kita ambil namun ketika kamu tidak berhasil masuk di jurusan Sekolah Menengah Kejuruan yang kamu idamkan maka janganlah berkecil hati. Karena Allah pasti tahu apa yang kamu butuhkan bukan apa yang kamu inginkan.



Itulah 10 Tips Memilih Jurusan SMK Secara Benar Dan Tepat Agar Tidak Salah Jurusan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam menentukan sikap dan Pilihan Jurusan SMK yang Terbaik Menurut kalian. Semoga apapun yang kalian pilih merupakan jurusan Terbaik untuk kalian (aamiin).