Belajar Bisnis Dari game Harvest Moon pada tahun 2000an dulu




Saya penasaran, pernahkah teman - teman bermain game Harvest Moon pada tahun 2000an dulu?

Ya, permainan ini bercerita tentang kisah seorang petani yang memiliki sebuah lahan warisan dari kakeknya, lahan itu ia gunakan untuk membangun impiannya.
 Memiliki rumah idaman & bisnis yang berkembang serta keluarga yang harmonis.
Ternyata dalam permainan itu ada hubungannya dengan cara membangun database dalam bisnis online. Simak baik - baik

 1. Ibaratkan lahan seperti jenis database Ada social media seperti instagram & facebook.
Juga ada aplikasi messenger seperti telegram, whatsapp, bbm, line. Lahan ini diolah dengan baik. Fokus untuk menanam sayuran & buah agar nanti bisa dijual saat panen. Nah inilah tugas kita sebagai pemilik bisnis untuk mempunyai lahan yang tepat Pada momen ini konsumen kita arahkan ke kontak list kita. Tetapi karena di game Harvest Moon cuma ada 1 lahan, maka kita juga harus FOKUS pada 1 lahan saja. Tidak boleh lebih dari 1 kecuali lahan yang pertama sudah diurus sama tim.

 2. Petani membeli bibit agar buah bisa tumbuh dan dijual kembali Ya... pada saat pertama kali, petani pasti modal dulu untuk beli bibit buah & sayur.

Disiram dulu sampai berbulan - bulan, dikasih pupuk & diberi air. 
Kalau buahnya belum mateng apa boleh dijual? Ga bolehlah.. ga laku.

 Tetapi tergantung tanam apa? Kalau toge? ga sampe 1 minggu udah berbuah & siap jual Kalau padi? nah ini harus berbulan - bulan baru panen Nah sama seperti menanam database.

Tergantung jual apa & kapan siap panen. Kalau jual barang dagangan seperti kaos, celana casing hp, piring, gelas dan lain - lain bisa cepat.

 Setelah mereka masuk ke dalam whatsapp bisa langsung order Nah ada juga yang lama & butuh disiram dulu biar tumbuh seperti tanaman baru panen.

 Contoh : Obat Langsing, Jerawat, Peninggi, Properti, Buku, Film Bioskop.
Mana ada orang beli properti, langsung liat brosur langsung deal & transfer.
Pasti suruh duduk dulu.. diceritain, pake jurus jurus closing sampai akhirnya orang beli.

 Orang mau kurus juga, waktu mau beli produk - produk kurus dia akan cari informasi dulu, dikasih tau dulu caranya, sampe dia benar - benar yakin baru beli.

FIlm bioskop juga. Orang kalau mau nonton pasti dia harus nonton trailer dulu, atau denger cerita temen dulu baru nonton. Ga mungkin setelah pasang banner langsung ditonton.
Jadi seperti tanaman harus disiram & dirawat dulu dan panennya beda - beda :D

di pos@Rico Huang