Tata Cara Niat dan Doa Shalat Sunat Taubat Lengkap


Cara  Niat dan Doa Shalat Sunat Taubat


Tata Cara  Niat dan Doa Shalat Sunat Taubat , Sholat Taubat bacaan yang telah di tentukan serta gerakan yang  sama dengan shalat yang lain.akan tetapi ada perbedaan pada Cara niat dan doa sholat sunah Taubat sangat lah di anjurkan bagi umat isalam  sebagai salah satu sunnah Rasululloh yang seperti beliau kerjakan.

Kita bukan terlahir sebagai malaikat yang Alloh ciptakan untuk menjadi makhluk yang selalu taat pada-Nya.Namun, Alloh yang maha pengampun dan maha penyayang selalu membukakan pintu maaf bagi hambanya yang benar2 beriman dan berniat taubat.

Ada banyak cara untuk meminta ampunan kepada Alloh diantaranya dengan tidak melakukan kesalahan yang ke dua kalinya, membaca istighfar dan senantiasa bersedih atas kesalahan di masa lalu juga dengan melakukan Shalat Sunat Taubat yang akan saya bahas kali ini.

Tata Cara  Niat dan Doa Shalat Sunat Taubat dilaksanakan di sepert tiga malam sebelum atau sesudah shalat tahajjud dan setelahnya kita senantiasa perbanyak baca istigfar, baca al-Qur'an dan perbanyak dzikir agar dosa kita diampuni oleh Alloh SWT.

Apa Itu Shalat Taubat

Shalat taubat adalah shalat yang dikerjakan sebagai taubat kepada Allah setelah melakukan dosa atau merasa telah berbuat dosa. Shalat taubat juga merupakan ungkapan penyesalan seorang atas perbuatan dosa yang telah dilakukan, dan sebagai pernyataan bahwa dirinya akan kembali kepada ketaatan, dan menjauhi perbuatan dosa sejauh-jauhnya.

Tata Cara  Niat dan Doa Shalat Sunat Taubat Lengkap
Tata Cara  Niat dan Doa Shalat Sunat Taubat Lengkap
Bacaan Niat Shalat Taubat

Shalat sunat taubat ini dikerjakan 2 rakaat. Adapun niatnya adalah:

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAHI TA’A’AALAA.

Artinya : “aku (niat) shalat sunat taubat 2 rakaat, karena Allah Taala.”

Apa biala kita menjadi makmum, maka setelah kata “RAK’ATAINI” ditambah dengan kata “MA’MUUMAN” (mengikuti imam), “IMAAMAN” (menjadi imam)

 Tata Cara Pelaksanaan Shalat Taubat

Cara pelaksanaannya sama denga shalat fardhu, perbedaannya hanyalah pada niat. Adapun surat yang harus dibaca surat apa saja yang telah dikuasai. Akan tetapi sebaiknya dibaca:
  •     Pada rakaat pertama, sesudah surat Al-Fatihah, dibaca surat Al-kafirun
  •     Pada rakaat ke dua, sesudah surat Al-Fatihah, dibaca surat Al-ikhlash

Bacaan Doa Shalat Taubat


Setelah selesai Shalat lalu membaca Istighfar sebanyak 100x  اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمِ

Setelah baca istighfar lalu baca istighfar di bawah ini:

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا

Artinya :
" Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti"

Kemudian baca sayyidul istighfar seperti ini.

اللهم أنت ربيى لااله الا انت خلقتنى واناعبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت. اعوذبك من شرّ ماصنعت ابوء لك بنعمتك علىّ وابوء بذنبي فاغفرلى لايغفر الذّنوب الا انت

Artinya:
"Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan".

 Setelah Itu membaca Doa Shalat Sunat Taubat berikut ini:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Artinya:
"Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya".

 Adapun waktu yang dilarang untuk melakuk shalat sunnah ada 5 (lima) waktu yanitu:


  1.     Dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari.
  2.     Dari terbit matahari sampai matahari naik sepenggalah (قيد رمح).
  3.     Dari saat matahari persis di tengah-tengah sampai condong.
  4.     Dari shalat ashar sampai tenggelam matahari.
  5.     Menjelang tenggelam matahari sampai tenggelam sempurna.

Itu lah yang dapat saya Share semoga bermanfaat dan bisa dijadikan suatu amalan yang rutin sehari-hari. Dengan melaksanakan Shalat Sunat Taubat semoga semua dosa kita diampuni oleh Alloh SWT.

Baca Juga : Lowongan Kerja Terbaru Untuk Muslim