50 Mata Kuliah Wajib Teknik Mesin Syarat Sarjana Teknik

Mata kuliah wajib teknik mesin
Jurusan Teknik Mesin

Teknik Mesin atau Mechanical Engineering

Teknik Mesin atau bagi orang luar negeri menyebutnya Mechanical Engineering merupakan sebuah ilmu rekayasa teknologi. Ilmu ini merupakan salah satu ilmu terapan teknik tertua yang berfokus pada analisa masalah mechanical dan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut tentunnya dengan teori-teori fisika dan matematika terapan. Jadi untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke Jurusan Teknik Mesin atau lebih tepatnya Mechanical Engineering, kamu perlu memiliki wawasan lebih di bidang fisika dan matematika (walau tidak jago setidaknya kamu menyukainya :D ) karena nantinya kamu akan dihadapkan dengan berbagai persamaan yang membutuhkan konsentrasi dan pemikiran lebih.

Jika kamu pada saat sekolah di tingkat SLTA atau sederajat mengeluh tentang penggunaan rumus-rumus matematika ataupun fisika, di sini di Mechanical Engineering kamu akan menemukan arti dari pelajaran yang kamu temui di SLTA. Dalam Teknik Mesin kita tidak mencari rumus atau persamaan berasal seperti halnya seorang peneliti ataupun mengajarkan rumus-rumus dan persamaan tersebut layaknya seorang guru tetapi di sini kita belajar memanfaatkan segala persamaan dan rumus yang telah di temukan peneliti serta menerapkan segala ilmu yang telah diajarkan oleh guru ataupun dosen untuk dapat kita amalkan dan terapkan di kehidupan nyata, tujuannya tidak lain untuk memudahkan pekerjaan manusia, menyelesaikan masalah yang ada ataupun kita bisa menciptakan inovasi baru dalam dunia teknologi khususnya.

Nantinya ketika kita lulus dari program sarjana kita akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik bukan lagi Insinyur, tetapi jika kamu ingin mendapatkan Gelar Insinyur masih bisa dengan cara ikut sertifikasinya dan kamu harus layak dan pantas menjadi dan menyandang gelar Insinyur. Karena semakin tinggi gelar apapun yang kamu dapatkan maka akan semakin besar tanggung jawab yang harus kamu emban oleh karena itu lakukan yang terbaik dengan segenap kemampuanmu dalam segala hal termasuk profesi ini Insinyur.

Mata Kuliah Wajib Teknik Mesin

Berikut mata kuliah wajib yang harus kalian pelajari dan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana Teknik, jadi simak baik-baik kawan . . .

Semester 1

1. Bahasa Indonesia
2. Kalkulus
3. Fisika Teknik
4. Kimia Teknik
5. Menggambar Teknik
6. Pengenalan Teknik Mesin
7. Material Teknik

Semester 2

8. Bahasa Inggris
9. Praktikum Fisika Teknik
10. Matematika Teknik 1
11. Menggambar Mesin
12. Statika Struktur
13. Praktikum Material Teknik
14. Metalurgi Fisik

Semester 3 

15. Matematika Teknik 2
16. Termodinamika Teknik 1
17. Statistik dan Eksperimentasi
18. Praktikum Metalurgi Fisik
19. Kinematika
20. Mekanika Kekuatan Material
21. Proses Produksi 1
22. Pemrograman Komputer

Semester 4 

23. Matematika Teknik 3
24. Termodinamika Teknik 2
25. Mekanika Fluida 1
26. Pengukuran Teknik dan Metrologi + Praktikum
27. Dinamika Teknik
28. Elemen Mesin 1
29. Proses Produksi 2
30. Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika + Praktikum

Semester 5 

31. Metode Numerik
32. Perpindahan Panas 1
33. Mekanika Fluida 2
34. Elemen Mesin 2
35. Getaran Mekanik
36. Mekatronika + Praktikum
37. Praktikum Proses Produksi
38. Perawatan Mesin

Semester 6

39. Perpindahan Panas 2
40. Mesin Konversi Energi
41. Perancangan Teknik dan CAM
42. Teknik Kendali
43. Praktikum Fenomena Dasar Mesin
44. Metodologi Penelitian

Semester 7 

45. Praktikum Prestasi Mesin
46. Kerja Praktik
47. Etika Profesi
48. Seminar Usul Penelitian / Tugas Akhir
49. Pilihan 1
50. Pilihan 2
51. Pilihan 3

Semester 8

52. Seminar Hasil Penelitian / Tugas Akhir
53. Ujian Skripsi
54. KKN Tematik
55. Pilihan 4
56. Pilihan 5


Itulah kurang lebih 50 Mata Kuliah Wajib di Jurusan Teknik Mesin, so buat kalian yang berminat untuk menciptakan hal baru ataupun kreasi-kreasi unik untuk memudahkan kehidupan manusia silahkan Kuliah dan pelajari ilmu-ilmu dari Mechanical Engineering , orang awam pasti beranggapan bahwa teknik mesin itu hanya mengurusi mesin, bengkel, dll padahal mesin seperti motor bakar (mobil dan motor) adalah bagian kecil dari hal yang akan kalian pelajari nantinya. Masih banyak hal-hal menarik lainnya yang akan kalian temui nantinya, seperti membahas tentang energi terbarukan serta cara mengkonversinya (panelsurya,energi mikro hidro dll), alat-alat otomatis seperti halnya robot dsb (Automation), mempelajari struktur (gedung, rangka mobil dsb), mempelajari tentang fenomena getaran (mengapa jembatan besar kokoh dapat hancur dan ambruk itu akan kalian pelajari nantinya), bagaimana sistem kerja (mobil, pesawat dll), dan masih banyak lagi. Saya sendiri sudah tiga tahun di Jurusan Teknik Mesin ini atau sudah semester 6 dan berharap dapat lulus tepat waktu 4 tahun, maka dari itu saya juga minta doanya untuk kawan-kawan sekalian agar saya dapat lulus tepat waktu dan bisa mengaplikasikan semua ilmu yang saya dapatkan untuk kehidupan manusia nantinya. Buat kaum hawa (wanita) kalian juga bisa masuk Jurusan Teknik Mesin karena di luar negeri sana telah banyak perempuan yang menggeluti dunia ini :D